Minggu, 10 Oktober 2010

Waspada Serangan Virus 10.10.10

Virus

TEMPO Interaktif, Jakarta - Angka 10.10.10 yang akan jatuh esok hari tampaknya bakal menjadi angka spesial. Selain dianggap sebagai bilangan cantik untuk melangsungkan pesta pernikahan, angka ini juga akan digunakan sebagai momentum menyebarkan virus.

Dari dunia digital mulai menyebar informasi mengenai kekhawatiran munculnya virus 10.10.10 yang akan menyerang jaringan koneksi internet. Sebuah halaman di situs jejaring sosial Facebook bahkan telah digunakan sebagai sarana "sosialisasi" hadirnya virus 10.10.10 yang akan muncul pada pukul 10.10 waktu setempat.

Menurut pakar keamanan komputer dari Sophos, Graham Cluley, informasi mengenai persebaran virus pada tanggal-tanggal tertentu sudah sering kali terjadi. "Sejarah mengungkapkan bukan hal baru apabila ada virus yang muncul pada momen-momen tertentu," katanya.

Setiap harinya, kata dia, ditemukan lebih dari 60 ribu malware atau serangan terhadap komputer. Artinya, Cluley menambahkan, pengguna sebenarnya harus berhati-hati terhadap serangan pada komputernya setiap hari sepanjang tahun.

Pada awal 1990-an misalnya, kata dia, beredar virus Friday the 13th yang bakal menyerang setiap komputer yang menyala pada setiap hari jum'at tanggal 13. Untuk mengantisipasi virus tersebut, Cluley mengatakan, pengguna akhirnya mensiasati dengan mensetting ulang waktu pada komputer mereka menjadi hari Sabtu tanggal 14.

Rasa khawatir juga pernah menyeruak ketika pergantian dari tahun 1999 menjadi 2000. Virus "Millenium" yang terkenal saat ini diduga bakal menyebabkan komputer atau seluruh perangkat digital yang menggunakan fitur waktu menjadi "bingung" apakah pengaturan waktu masuk ke tahun 2000 atau 1900.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails